RPP Fase Bulan Untuk Siswa SD

Memahami fase bulan bisa menjadi konsep yang rumit untuk anak di sekolah dasar. Ada banyak aspek berbeda dari fase bulan yang harus dipelajari anak-anak. Rencana pelajaran fase bulan harus mendidik, namun menyenangkan sehingga siswa dapat lebih memahami pelajaran yang diajarkan. Beberapa konsep pengajaran tentang fase bulan akan diulas di sini.

Pertama, Anda harus membantu anak-anak memahami aktivitas fase bulan (siklus bulan), yang dibagi menjadi 4 bagian: bulan baru (di mana Anda tidak melihat bulan sama sekali), kuartal pertama (hanya setengah bulan yang dapat dilihat) , kuartal ketiga (hanya separuh bulan yang dapat dilihat), dan bulan purnama (seluruh bulan dapat dilihat).

Rencana pelajaran fase bulan Anda harus menjelaskan perbedaan fase bulan ini. Gunakan gambar dan diagram atau perangkat lunak yang menggambarkan seperti apa fase bulan ini.

Rencana pelajaran fase bulan Anda harus melewati orbit bumi dan bulan. Anda harus terlebih dahulu menjelaskan jawaban buku bahwa bumi mengorbit matahari. Jelaskan bahwa bumi mengorbit matahari dalam waktu sekitar 365 hari. Selanjutnya jelaskan bahwa bumi berputar pada porosnya satu lingkaran penuh dalam waktu sekitar 24 jam. Kemudian jelaskan bahwa bulan mengorbit bumi. Bulan membutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk mengorbit seluruh planet bumi. Kemudian Anda dapat menjelaskan bagaimana posisi bumi, matahari atau bulan mempengaruhi fase bulan dan bagian bulan mana yang dapat kita lihat.

Selanjutnya, jelaskan bagaimana bulan tidak menghasilkan cahaya, ia hanya memantulkan cahaya dari matahari. Anda juga harus menjelaskan bahwa bulan dapat dilihat baik pada siang maupun malam hari.

Luangkan banyak waktu untuk pelajaran fase bulan Anda. Jika siswa Anda memiliki pertanyaan, pastikan untuk menjawabnya dan memperjelasnya dengan contoh, karena fase bulan bisa menjadi subjek yang sangat membingungkan.

Tetap menyenangkan dan menarik bagi siswa. Ingatlah bahwa siswa akan memahami fase bulan dengan lebih baik (dan lebih menikmati pelajaran Anda) jika Anda menggunakan berbagai alat pengajaran seperti eksperimen tangan, diagram, gambar, perangkat lunak, dan penjelasan verbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.